Lilypie First Birthday tickers

Wednesday, May 26, 2010

Tertipu Vendor Undangan Pasar Tebet

Dear all, please share...

Saya baru saja tertipu dgn salah satu vendor undangan di Pasar Tebet Barat, namanya "Family Print" lokasi tepatnya berada di sebelah persis kartu pesona yg lumayan sering dibicarakan di wk.

Kronologisnya saya memesan kartu undangan hardcover 500Pcs @ Rp7000,- dan softcover 250Pcs @ Rp2000,- Total 4juta. Pada saat diskusi dan deal pertama sang pemilik yg bernama Pak Iswan meminta uang DP sebesar 75% tp kami hanya menyanggupi sebesar Rp 1.650.000,.

Sampai proses draft yg begitu lama hingga memakan waktu 1 bulan, ketika draft saya sudah fix dan akan masuk pd tahap cetak, Pak Iswan kembali meminta penambahan DP dan kami berikan kembali sebesar 1juta, Total DP yg sudah kami berikan sebesar Rp 2.650.000 dari keseluruhan biaya 4juta.

Sejak awal kesepakatan pada tanggal 3 April 2010 hingga saat ini 26 Mei 2010, undangan kami belum di proses sama sekali, tidak ada bahan mentah, tidak ada film, tidak ada apa-apa! Padahal acara resespsi kami tangal 4 Juli, dan pak Iswan menjanjikan bahwa undangan selesai pada pertengahan mei, tp sampai akhir mei ini beliau tidak ada etikat baik.

Setiap saya berkunjung kesana, selalu bertemu dengan 2-5 konsumen lain yg komplain seperti saya. Hingga akhirnya Pak Iswan Kabur! Toko dibiarkan terbuka selama berhari-hari dan para karyawan'nya sama sekali tidak tahu dimana rimbanya, adik pak iswan jg pemilik toko undnagan di Tebet, tp menurut penuturannya keluarga juga kebingungan dgn hilang dan komplainnya konsumennya Pak Iswan.

Seluruh draft yg belum dikerjakan, kami kumpulkan dgn para konsumen lain, dan ternyata mencapai jumlah 36 draft! Ditambah lagi para teman, tetangga dan karyawan membenarkan memang ada 36 konsumen dan hanya jadi 5 konsumen itupun bermasalah.

Sekarang dia kabur membawa uang saya sebesar Rp 2.650.000,- dan uang para ke-36 konsumen lainnya yang rata sudah membayar DP 50-75% juga. Entah apa motif pak Iswan yang mengaku sudah 12 tahun berbisnis di Pasteb.

Cerita saya ini, bukan bermaksud menjatuhkan usaha seseorang, ini adalah kisah nyata sedang menjadi gosip yg hangat oleh para pedagang undangan di pasteb.

Mungkin salah satu dari 36 konsumen tersebut ada yg membaca tulisan saya ini? saya mengajak anda untuk mengusut masalah ini bersama-sama...

31 comments:

  1. WHAT??! astaga, Ya!
    kurang ajar banget tuh..nipu orang yang mo punya hajat

    ReplyDelete
  2. wedew... tersisa 1 buLan lagi...

    ReplyDelete
  3. Makasih sist bwt infonya..kbetulan ak jga lg mw nyari undangan di pasar tebetg.

    ReplyDelete
  4. Wow...that's scary,,,,
    Aku juga lg bikin undangan di pasar Tebet...tapi di Aneka Grafika...sejauh ini masih aman2 aja...blum naik cetak sih...tp pas kita dateng terakhir, kami udah dibikinin konsepnya gitu...
    Semoga aja ga bermasalah...soalnya 2 temenku udah pake dia juga n ga ada masalah...

    Moga aja cepet ketemu ya si bapak itu...wish u luck sist...

    ReplyDelete
  5. pas baca postingan kamu yang sebelumnya aku ud punya perasaan ga enak tentang vendor kartu undangan kamu dan ternyata sekarang bener2 kejadia..
    sabaaar yaa..InsyaAllah pasti ada jalan keluarnya dan si bapak itu cepet ditemukan :)..

    trs rencana kamu gimana wi?ttp tunggu si bapak atau coba cari vendor yang lain?karena kan acara kamu kan bulan Juli&undangan harus segera disebar..semangat yaa!!! :D

    ReplyDelete
  6. @nia: iya say tega bgt deh si-bapak itu padahal rajin bgt loh sholat'nya (gak nyangka) dia sudah merugikan orang banyak!

    @motauajadeh: sekarang saya sudah pindah vendor, tp gak di tebet lagi. meskipun bbrp korban yg lain banyak jg yg pindah ke vendor tebet lg, tp aku udah kapok! Di toko kertas terbesar se-jakarta ternyata nama pusat undangan tebet sudah jatuh, banyak kasus!

    @andi and riesta: sebaiknya jgn di tebet deh cin, perbedaan harganya gak seberapa kok paling cuma beda 500 rupiah, tp lama'nya minta ampun! Klo soal lama, berlaku dismeua vendor tebet deh. Sekarang saya baru tahu ternyata bikin undangan itu proses'nya cuma 3 hari (setelah draft sudah fix). Cetak film cuma 2-4 jam selesai, cetak bahan di mesin heidelberg (offset) cuma 2-4jam juga (kurang dari 1 hari kan). Nah, sisa harinya 1-2 hari adalah tahap finishing yg lama mulai dari jepret emboss 2-4 jam, pasang pita (manual), perekatan kertas dengan hard cover (lem manual), dll.

    @arelsisca: Aneka Grafika yg punya pak Abidin yah? dia adik iparnya pak Iswan. waktu itu dia pernah mau nolongin aku yg dengan menawarkan jasanya jd DP aku di pak Iswan gak ilang tinggal dia terusin aja, tp UUD (ujung-ujungnya duit) dia minta tambah 500ribu ke aku bahkan ada yg minta tambah 1juta ke korban yg lain. Sudah jatuh ketimpa tangga, klo mreka ada yg kasih sih krn udah gk tau mau gmn lg yg penting undangan jadi lrn udah mepet. Alhamdulillah, dilarang sama mertua, urusan yg disana di-ikhlaskan saja anggap sebagai sedekah krn klo masih tetap diteruskan di tebet dan klo nanti pd kenyataannya mreka molor lg kan bikin stres berkepanjangan kan? itulah yg harus dihindari dari calon pengantin seharusnya 'wes mambu manten' klo kata orang jawa bilang... Maksudnya sudah terpancar aura pengantin, klo stres yg ada muka kusan dan badan gk keurus, capek fisik, capek pikiran, capek hati...

    @fika&delon: aku pindah percetakan say...
    sekarang ke percetakan langsung dgn mesin heidelberg yg segede ikan paus di daerah kebayoran lama :) dari mereka pula saya baru tahu ternyata proses pembuatan undangan itu sangat sebentar sekali dan ternyata cerita buruk ttg pasar tebet sudah bosan mereka dengar, weleh..weleh... Klo masalah dgn si-bapak itu saya serahkan sepenuhnya hukum di hadapan Allah SWT, kun fayakun!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo sist dewi. mau nanya, percetakan yang di kebayoran lama, di toko yg mana? karena ada banyak toko disana
      thankyou banget jawabannya sist

      Delete
  7. Wah,,gtu ya...
    Tapi ak kmaren uda terlanjur dp di kartu pesona...
    Abisnya cami aku,kuajakin bikin undangan slaen di pasar tebet gak mw siy...
    Yawda d..akhirnya di pasar tebet...
    Moga2 baek2 aja d...
    Trus skrg pindah vendor mana?

    ReplyDelete
  8. Sekedar info Pak Iswan (eks Family Print) muncul lagi loh di pasar tebet barat. Dia tiap hari libur selalu jaga di Bias Grafika (toko adiknya). Dia selalu bertopi & berkacamata frame hitam.

    ReplyDelete
  9. jadi cetaknya dimana dunk sis?saya malah rencana ke Kartu Pesona....minta referensinya dunk sis....bingung ni..butuh cepat juga

    ReplyDelete
  10. hati2 jika teman2 cetak undangan di multi print pasar tebet barat lantai 1 blok BKS....pemiliknya namanya kukuh dan tia, sangat mengecewakan dari mulai jadwal yang tidak sesuai perjanjian, sampai jumlah undangan yang tidak sesuai dengan pesanan....ditambah lagi banyak hasil cetakan yang rusak dan pantas untuk di reject namun pemiliknya selalu beralasan....

    ReplyDelete
  11. riaaa, kamu akhirnya pake vendor undangan apa? pliiis, share infonya boleeh? :) aku rencana mau hunting di pasar tebet juga, temenku ada yg bikin undangan disana, tapi baca blog kamuuu, jadi bimbang gini.... haha..

    ReplyDelete
  12. aduuuh ngeri amat, untung baca posting ini jadi lebih berhati-hati.

    ReplyDelete
  13. ada info mengenai serayu printing tebet enggak? karna aku baru ingin gunakan vendor itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kaaak aku mau info aja aku dan 1 pasangan lain baru aja kena tipu serayu printing. Modusnya mirip banget kaya gini

      Delete
  14. aq kemarin diserayu printing, sepupu q jg thn kemarin disana dan aq liat ga ada masalah yg terlalu berarti

    ReplyDelete
  15. sekedar info buat para blogger semua...
    untuk klarifikasi dan perbaikan nama.. sekarang di pasar Tebet masih ada percetakan Famili Printing tetapi bukan "FAMILY PRINT PAK ISWAN", pemilik dari Famili Printing yang sekarang adalah Ibu Darmi & Bapak Tarman. jadi buat kawan-kawan bloger semua jangan takut lagi jika mau cetak undangan di Famili Printing. saya jamin 100% jika Famili Printing yang sekarang ada di pasar Tebet bukan lagi Family Print Pak Iswan, Melainkan "Famili Printing" dari Ibu Darmi. terima kasih....

    managemant Famili Printing
    info lebih lanjut hub :
    Darmi : 081287869317
    wiwiet : 082226720003

    ReplyDelete
  16. Sayang banget pake nama yg mirip gitu. Walaupun beda manajemen, yang ragu pasti ada aja

    ReplyDelete
  17. kadang tamu itu lebih2in sih ceritany klo saya pribadi sih ga ada manusia yg sempurna itu aj

    ReplyDelete
  18. kasihan yg punya toko looh klo jatuh namany...medsos gini semuany ada perhitunganny dimata tuhan loh...yg punya toko pun ada itunganny...telat sih wajar aj yg penting kan jadi dan ga mepet2 bgt sama acarany...setau saya sih tamu yg kecewa itu lucu walaun telat kan udah ditolongin tp tetap aj ngejelekin yg punya toko....mudah2n allah ngampunin orang itu

    ReplyDelete
  19. ikut prihatin ya atas cerita2 di atas, sekedar info, tempat bikin undangan yg ga bikin deg degan dan hasilnya memuaskan, kami berdiri dari 2008 di bandung, silahkan berkunjung di blog saya ya sist, www.uniquecardwedding.co.id
    semoga semua ada hikmah yg bisa di petik, dan bener kata komen di atas, para capeng yg menuju hari bahagia ga boleh stress ya, biar fresh dan happy selalu, happy hunting :)

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Sis aku barusan banget ngalamin kejadian yang sama persis kaya kamu. Kayanya emang udah modus deh di pasar tebet kaya begini. Persissss banget bedanya aku di serayu printing
    Modusnya sama. Si mba linda yang punya serayu printing minta tambah DP, tau2 kabur. Dan ada yg bilang ngaku sodaranya si linda mau bantuin tapi kalo baru DP dikit. Curiga kongkalikong sebenernya mereka kerjasama buat nipu customer. Padahal serayu printing ini banyak review bagusnya loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii siss.. km lg pesen undangan sm serayu printing? Aq juga nihh.. dan dapet sms jg dr yg katanya gantiin pemilik serayu bu linda/pak nartin. Km udh pernah cek ke tempatnya lg gak? Beneran tutup atau gmn yaa. Aq udh dp disana nih.. jd galau ini mst lanjut atau gak sm serayu.

      Delete
    2. Haii siss.. km lg pesen undangan sm serayu printing? Aq juga nihh.. dan dapet sms jg dr yg katanya gantiin pemilik serayu bu linda/pak nartin. Km udh pernah cek ke tempatnya lg gak? Beneran tutup atau gmn yaa. Aq udh dp disana nih.. jd galau ini mst lanjut atau gak sm serayu.

      Delete
  22. Hah disms gimana? Sama arraffa printing bukan namanya? Kalo aku sih nooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sms bilang klo serayu printing udah ga buka lagi. trs yg sms ngaku dari Tri Cahaya Printing, sebelah kiri serayu katanya), bukan arraffa printing siss.. waduhhh.. beda2 gini yaa

      Delete
  23. haloo sist dewi. mau nanya, percetakan yang di kebayoran lama, di toko yg mana? karenya ada banyak disana?
    thankyou banget jawabannya sist

    ReplyDelete
  24. Yang mau bikin undangan cek ig aja undangan_pernikahan_tebet
    Wa 089635498564

    ReplyDelete
  25. ngomong soal tertipu gua jg pengen share pengalaman di undangan tebet

    namanya bias grafika...mas indra/mba rina

    review pengalaman di bias grafika
    memang secara harga tergolong murah...gua bisa membuat undangan hardcover dengan amplop sudah emboss dan warna kilap...
    tapi kalo udah di kejar deadline bikin deg-degan...
    udah gitu si mas indra ga punya itikad baik...gua awal buat 400 undangan dan untungnya sudah selesai...
    walaupun dia menjanjikan ucapan terimakasih dan kupon souvenir (tapi ternyata ga ada)

    dan setelah berkali bolak-balik dengan buang2 energi undangan pun jadi 400 seperti yang di janjikan...okeh gua sudah begitu tenang dan lega...tetapi mas indra menawarkan kalau mau nambah dari sekarang...
    karena gua kepikiran mau nambah 100 undangan lagi...dan dia menjanjikan bisa di ambil hari selasa
    (ngomongnya dari hari jummat)

    dan dia minta bayar tambahanya langsung lunas..okeh karena gua udah percaya gua kasih uang 500rb..


    karna undangan extend 100 bersifat santai jadi gua ga terlalu push..biar dia kesadaran sendiri..
    sampe hari selasa pun ga ada kabar..okeh gua masih santai..jummat pun yang udah ke itung seminggu akhirny gua telpon..yang angkat mba rina..bilang..besok sabtu yaaa...
    sabtu gua telpon..kata mba rina..selasaaa yaa ...

    akhirny karena gua udah ga mau capek gua tlp mas indra untuk bilang..kalo blm di cetak cancel aja...kata dia udah di cetak..
    okeh gua ga enak kalo udah di cetak jadi hari selasa finalnya
    (karena minggu depan gue udah merid)

    dan selasa kesana...jengg jenggg
    BELOM JADIIII...BELOM DI PRINT

    gua minta balikin uangnya dia blg besok...
    besok gua tungguin ga di transfer

    akhirnya gua WA di read

    dan ini udah lewat 2 minggu..gua pun udah merid

    mungkin gua udah ikhlas...tapi istri gue masih belom rela..karena apa ?mengumpulkan uang 500rb itu ga gampang..apalagi bnyak keperluan menjelang nikah...

    ya itu review dari gue...intiny bias (Mas indra/Mba Rina) sangat sangat
    bad respond
    dan masih nyimpen uang 500rb gue..

    jadi untuk yang lain...hati2 banget....

    untuk mas indra & mba rina kalo baca comment gue ini...mohon maaf situ ga punya itikad baik sama gue..wa aja cuma di read...

    daripada korban nambah lagi...bahkan lebih parah....untungnya undangan 400 di awal udah ke cetak...

    coba kalo belom di saat H-seminggu...gua bukan cuma nulis review di blog2..

    tapi bakal gua buat berita acara...

    terimakasih

    ReplyDelete

"Let's see, read and share with me..."