Lilypie First Birthday tickers

Thursday, April 08, 2010

Ayam Kodok: yg dimakan Ayamnya atau Kodoknya?

"Eh, Ria di menu buffee lw nanti ada ayam kodoknya?", tanya mba Indah (teman satu kantor). Kemudian mba Indah kembali bertanya "Ayo tebak, masakan ayam kodok itu yg dimasak/dimakan ayamnya atau kodoknya?" **meskipun dia bertanya, tp bukan berarti gak tau, lah wong ibu mertuanya punya catering** 

Tapi jujur yah, "saya juga gak tau menu ayam kodok itu apa? kya gimana rasa dan bentuknya?" hihihiiii...
Ayam kodok itu adalah menu pilihan di Puspita Sawargi Catering (PS) untuk jenis hidangan ayam, dan mengenai pemilihan menu catering kami serahkan semua ke mama mertua yang pastinya udah berpengalaman dengan berbagai menu masakan catering karena dulu sering mendampingi sang papa mertua (hampir) berkeliling Indonesia saat masih dinas di sebuah bank BUMN.

Dalam Buffee terdapat 6 menu utama (Hidangan Ayam, Daging, Ikan, Soup, Salad, Nasi Goreng) yang bisa kita pilih sendiri. Seperti pada hidangan Ayam, PS menawarkan 6 pilihan diantaranya Ayam Lapis Keju, Ayam Panggang Puspita, Ayam goreng Mentega, Ayam cah Kacang Mede, Gelatine Chicken, dan Ayam Kodok. Dan pilihannya jatuh kepada Ayam Kodok *triiing...tring...triiiing...*


Sebenarnya saya sudah 3x Test Food PS gak tau kenapa pas pilihan hidangan ayam, selalu 'Ayam Lapis Keju' yang disajikan, mungkin termasuk salah satu the best choice'nya kali yah? Yowes-lah meskipun sampai saat ini belum tau rasa Ayam Kodoknya PS, saya percaya mama mertua pasti memiliki pilihan yang terbaik (amien). Aduh anak zaman sekarang belagu nih makannya Ayam KFC mulu, jadi gak tau deh sama masakan nusantra. So, hari ini saya googling penasaran pengen tau kya apa sih sang Ayam Kodok itu? "Jadi ayamnya atau kodoknya? Hahahaa..."

Ternyata kenapa hidangan ini dinamakan Ayam kodok karena penyajiannya sang-ayam ditunggungin trus sayap kiri-kanan ditekuk, persis kya kodok mau lompat *haaap!*  Dan pembuatannya pun ajaib (baca: agak ribet alaibet) dibawah ini adalah foto-foto bagaimana proses memasaknya. Cekidot!






Biasanya kita memasak fillet dengan membuang kulit dan lemak, hanya disajikan dagingnya saja. Lain halnya dengan ini.

Proses utama adalah bagaimana mendapatkan kulit dari 1 ekor ayam utuh!
Inilah yang nantinya bisa bikin si-ayam nungging kya kodok, heheheee...




No comments:

Post a Comment

"Let's see, read and share with me..."