Lilypie First Birthday tickers

Monday, February 08, 2010

Adat: Nontoni

Alhamdulillah, minggu kemarin (7-feb-2010) sudah berjalan dgn baik dan lancar prosesi acara Nontoni di rumah orang tua saya yang dihadiri keluarga inti dari pihak pria (Camer, Mas Angga, Mas Chandra, minus one - De'Arini). Tidak sedikit teman-teman saya yang menanyakan apa arti/makna acara Nontoni di adat Jawa. Hmm...sebenarnya saya juga tidak terlalu tahu banyak, tapi saya akan mencoba menjelaskan dari sebuah artikel Majalah Perkawinan Mahligai:

"Bagian pertama dari rangkaian prosesi pernikahan adalah Nontoni. Proses nontoni dilakukan oleh pihak keluarga pria. Tujuan dari nontoni adalah untuk mengetahui status gadis yang akan dijodohkan dengan anaknya, apakah masih legan (sendiri) atau telah memiliki pilihan sendiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar jangan sampai terjadi benturan dengan pihak lain yang juga menghendaki si gadis menjadi menantunya. Bila dalam nontoni terdapat kecocokan dan juga mendapat 'lampu hijau' dari pihak gadis, tahap berikutnya akan dilaksanakan panembung."
Dalam acara kemarin yg pertama adalah perkenalan masing-masing anggota keluarga, bincang-bincang dan makan siang, setelah itu keluarga Mas Angga pamit pulang dengan memberikan beberapa bingkisan oleh-oleh dari Bantul-Jogja, dan kebaya untuk saya pakai di acara lamaran nanti. Simpel kan? gak seribet acara adat yg dibayangkan ^___^/

No comments:

Post a Comment

"Let's see, read and share with me..."